Thursday, May 11, 2017

Beasiswa dari Toyota Foundation untuk ASEAN & Asia Timur

Pada kesempatan kali ini, Toyota Foundation kembali memberikan bantuan hibah untuk ditujukan ke sejumlah negara, yang meliputi ASEAN dan Asia Timur. Tepatnya melalui skema International Grant Program. Nah, sebelumnya perlu anda ketahui jika skema International Grant Program ini merupakan program hibah Toyota Foundation yang berlangsung di minimal dua negara sasaran selama satu atau dua tahun. 

Pada program ini, kegiatan yang akan dilakukan yaitu antara lain mengidentifikasi soal isu-isu yang dihadapi bersama, melakukan review dengan survey, serta menganalisa situasi di negara-negara sasaran. Untuk hasil dari kegiatan ini sendiri nantinya diharapkan dapat memberikan solusi atas masalah yang ada, semisal rekomendasi kebijakan dan juga menyebarluaskan hasil nyata dari kegiatan yang dilakukan.

Bagi anda yang tertarik dengan program toyota foundation ini, silahkan ajukan proposal proyek kegiatan. Program ini bisa dilamar baik secara tim/kelompok dengan latarbelakang berbeda, terutama yang memiliki pengalaman praktis atau pengetahuan tentang isu-isu yang ada di negara sasaran. Contohnya yaitu para praktisi, peneliti, pencipta, pembuat kebijakan, wartawan, dan juga bisa perwakilan media lainnya.

Dokumen Aplikasi Beasiswa Toyota Foundation (Pict: Pixabay)
Para pelamar silahkan untuk memilih kegiatan proyek yang berlangsung satu tahun (November 2017 – Oktober 2018) atau bisa juga selama dua tahun (November 2017 – Oktober 2019). Nah, bagi mereka para pelamar yang memilih proyek yang berlangsung selama satu tahun, akan diberikan bantuan dana hibah sebesar JPY 5.000.000 atau sekitar USD 44.500, sedangkan bagi mereka yang memilih program untuk dua tahun, dana hibah yang diberikan sebesar JPY 10.000.000 atau sekitar USD 89.000. Bagaimana sobat, apakah anda tertarik?

Sebelumnya, untuk pemberian dana hibah tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk segala macam biaya, baik itu biaya personil termasuk honorarium, biaya perjalanan, biaya komunikasi, biaya pertemuan termasuk workshop, simposium, dan juga kegiatan lainnya. Selain itu juga, dana tersebut dapat dimanfaatkan untuk pembuatan materi-materi hasil kegiatan, seperti contohnya biaya cetak, editing, serta pembuatan video atau website proyek. 

Pada intinya, tahun ini secara keseluruhan Toyota Foundation menyiapkan dana sebesar 100 juta Yen yang akan dihibahkan kepada para peserta yang terpilih. Menarik bukan?
Pilihan untuk Tema Proyek:
  1. Open Field
  2. Creating New Culture: Toward a Common Platform for Asia
  3. Multigenerational and Multicultural Inclusion in Communities

Negara-negara sasaran yaitu Asia Timur dan juga Asia Tenggara.
  • Asia Timur: China, Hong Kong, Japan, Macau, Mongolia, South Korea, dan Taiwan.
  • Asia Tenggara: Brunei, Cambodia, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, the Philippines, Singapore, Thailand, Timor-Leste, dan Vietnam.

Persyaratan: 
  1. Pelamar merupakan Individu-individu di sejumlah negara sasaran dengan pengalaman praktis pada bidang-bidang semisal melakukan penelitian, melaksanakan kegiatan, menghasilkan karya-karya kreatif, dan membuat proposal kebijakan
  2. Merupakan sebuah tim atau jaringan luas yang membentang ke beberapa negara tujuan yang terdiri dari anggota seperti praktisi, peserta proyek, peneliti, pencipta, pembuat kebijakan, dan wartawan dan perwakilan media lainnya.
  3. Para pelamar mampu untuk melaksanakan proyek dengan beragam jaringan peserta di beberapa negara sasaran.

Pendaftaran: 

Bagi anda yang tertarik dengan program hibah Toyota Foundation ini, silahkan untuk mengajukan permohonan secara online pada laman Toyota Foundation. Silahkan Klik “Star application procedure”. Kemudian anda akan diminta untuk membuat akun terlebih dahulu. Pada proses bagian berikutnya, silahkan anda periksa email untuk dapat melihat URL pendaftaran online yang telah dikirimkan ke alamat email Anda.

Catatan Penting:

Mohon diperhatikan sebelum memulai pendaftaran online. Silakan anda terlebih dahulu untuk mengunduh formulir aplikasi yang disediakan dilaman Toyota Foundation. Pada bagian tersebut berisi rincian proposal kegiatan dalam bentuk contoh yang nantinya perlu anda sesuaikan dengan kegiatan proyek yang akan didaftarkan. Bagi anda yang belum paham, penjelasan lebih lanjutnya bisa dilihat di panduan. 
Bagi proposal proyek yang rampung, selanjutnya silahkan unggah dokumen tersebut melalui link pendaftaran yang tadi sudah dikirimkan ke alamat email anda.  
Deadline Pendaftaran:

Tahun ini, proses pendaftaran sekaligus pengajuan proposal online pada program hibah dari toyota foundation dibuka mulai tanggal 4 April s/d 20 Juni 2017. Semua keputusan resmi hasil seleksi, nantinya akan diumumkan oleh panitia Toyota Foundation pada pertemuan yang diselenggarakan akhir September 2017. 

Jika ada pertanyaan terakit, silahkan hubungi Kontak: Mr. Kenta Kusuda / Mr. Hideo Tone / Ms. Michiru Sasagawa/ Ms. Yoko Terasaki
Group for International Grants
The Toyota Foundation
Phone: +81 (0)3 3344 1701
Email: asianneighbors@toyotafound.or.jp
Selamat mencoba dan semoga berhasil!


EmoticonEmoticon