Friday, May 12, 2017

Persyaratan Umum untuk Mendaftar Beasiswa

Bicara soal pendidikan memang sangat penting bagi kita semua. Bisa dibayangkan coba, jikalau di negara tercinta kita Indonesia ini tidak ada yang berpendidikan? Waah... kayaknya bisa-bisa kalang-kabut nih sobat. Oleh karena itu, hal ini memang sangat penting untuk keberlangsungan hidup kita. Dengan pendidikan, kita bisa tahu mana yang salah dan mana yang benar. Dengan pendidikan pula, kita bisa mengerti apa itu kesuksesan.

Nah, bicara pendidikan, pemerintah kita indonesia sangat mendukung sekali, terbukti dengan banyaknya lembaga pendidikan yang berdiri di negara kita ini. Pemerintah juga sedang berupaya untuk memajukan pendidikan, hal ini terbukti dengan banyaknya program, mulai dari pemberian beasiswa dan lain-lain.

Bicara beasiswa, pastinya banyak sekali beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah indonesia. Beasiswa yang sangat populer saat ini adalah beasiswa lpdp. Bukan hanya pemerintah saja, akan tetapi banyak juga dari lembaga-lembaga lainnya, baik beasiswa dalam negeri maupun luar negeri. Eits.. namun perlu diingat, untuk mendapatkan beasiswa juga harus punya amunisi dan daya saing kuat yaa, hal itu dikarenakan banyaknya persyaratan-persyaratan dalam proses memperoleh beasiswa. Oleh karena itu, mari kita membahas soal persyaratan-persyaratan apa saja agar kita bisa mengikuti seleksi beasiswa.
Catat! Syarat-syarat Umum Beasiswa
Ketika waktu yang ditentukan telah tiba, momentum itu menjadi penentu langkah. Apakah akan terus berjuang atau berhenti sampai di situ.

Berikut dibawah ini syarat-syarat umum yang diperlukan saat mendaftar beasiswa:

  1. Untuk mendaftar beasiswa, nilai Indeks Prestasi (GPA) sangat penting, ya minimum kalian harus memperoleh 3.00. Namun, ini bukan salah satu patokan, banyak diluar sana yang tidak mensyaratkan 3.00. Akan tetapi, anda perlu belajar dengan rajin untuk bisa mendapatkan IP minimum 3. Toh, ini kan untuk kita juga, agar peluang mendapatkan beasiswa terbuka lebar. Nah, bukan hanya itu saja ternyata, tetapi juga akan dilihat pada setiap semesternya. Jika lebih mendapatkan poin untuk peserta penerima beasiswa dengan IP yang trafiknya naik, itu salah satu perkembangan yang baik dan berpeluang lebih besar.
  2. Untuk mendaftar beasiswa, Kemampuan berbahasa Inggris adalah hal lain yang amat penting. Merka biasanya yang dipakai adalah IELTS min. 6,5 atau TOEFL min. 500. Oleh karena itu, banyaklah belajar dan persiapkan kemampuan bahasa inggris anda.
  3. Untuk mendaftar beasiswa, batasan umur juga dipertimbangkan. Biasanya batasan umur yang ditetapkan berbeda-beda, tergantung jenjang yang akan diambil. Misalnya akademi, BA, pasca sarjana, ataupun juga doktor.
  4. Untuk mendaftar beasiswa, keadaan finansial juga dipertimbangkan. Untuk mendapatkan beasiswa, kemampuan ekonomi seseorang juga turut memengaruhi layak tidaknya ia mendapatkan beasiswa. Untuk mendapatkan beasiswa dengan alasan ini kamu juga harus memberi bukti-bukti otentik bahwa kamu berasal dari keluarga yang kurang mampu. Misalnya surat keterangan dari Pak RT/Lurah.
  5. Untuk mendaftar beasiswa, formulir aplikasi sangat penting. Banyak dari mereka yang melamar dan gugur lantaran soal formulir. So... Formulir harus diisi selengkap-lengkapnya ya sobat, sebenar-benarnya dan tentunya sejelas-jelasnya. Sobat juga harus melampirkan beberapa dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk seleksi. Biasanya di formulir ini juga ada essay mengenai alasan mengapa kamu pantas mendapatkan beasiswa itu, atau topik lain yang ditentukan oleh pihak pemberi beasiswa.
  6. Pekerjaan, beberapa beasiswa mensyaratkan bahwa calon pelamar harus memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun, dan umunya yang memiliki kesempatan besar untuk mendaparkan beasiswa di luar negeri bagi mereka adalah Pegawai Negeri Sipil.
  7. Dan yang selanjutnya adalah surat rekomendasi dari profesor, dosen, ataupun pimpinan di tempat Anda bekerja. Perlu diketahui, surat rekomendasi yang baik akan menjadi penunjang poin lebih yang menunjukkan bahwa kalian layak mendapat beasiswa di mata para reviewer/ penyeleksi beasiswa.
Nah, sebenarnya masih ada banyak lagi persyaratan-persyaratan khusus lainnya yang berbeda, tentunya pada setiap jenis dan jenjang beasiswa. Persyaratan-persyaratan umum ini menjadi basic dasar saja, agar dipersiapkan dengan baik oleh kalian para pemburu beasiswa. Bagiamana, apa kalian siap dengan persyaratan-persyaratan diatas? Yuk, sama-sama mempersiapkan diri.
Perlu kalian ketahui, persyaratan diatas hanya sekedar gambaran saja, tergantung nantinya para pemberi beasiswa sendiri yang mensyaratkan poin-poin apa saja. Bisa jadi yang diatas masuk, ataupun bisa juga beberapa poin persyaratan diatas di tiadakan. 
Yakin. Adanya tujuan dan orientasi yang jelas, bisa mengubah kelemahan menjadi kekuatan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa berbagi info seputar beasiswa ini ya sobat!