Saturday, November 4, 2017

Catat! Poin penting sebelum Mendaftar dan Mengikuti Tes Ielts

Rata-rata kita kan sudah mengetahui, jika ingin berkuliah di negara asing otomatis mensyaratkan kemampuan bahasa inggris atau bahasa negara tersebut. Sebenarnya bergantung pada studi yang diambil sih. Umumnya kebanyakan dari mereka mengambil toefl sebagai tolak ukur kemampuan bahasa inggris, namun seiring berjalannya waktu, banyak juga dari mereka yang mengambil Ielts sebagai salah satu bentuk persyaratannya. Nah, jadi tentunya, dengan adanya pilihan tersebut, pertama, kalian harus cari tahu dulu jurusan kuliahnya apa, di negara mana, dan disana mensyaratkan tes kemampuan bahasa apa. Intinya, kita lihat dulu syarat yang diminta selain untuk keperluan akademik juga untuk percakapan sehari-hari.

Pada kesempatan kali ini, mari kita memfokuskan ke salah satu syarat tes bahasa inggris, yaitu tes ielts. Apa itu IELTS (International English Language Testing System)? International English Language Testing System atau sering di singkat "IELTS", seperti yang sudah dipaparkan diatas merupakan salah satu tes berbahasa Inggris yang diakui dunia internasional, selain tes Toefl yang sudah diketahui. Tes ielts ini sebenarnya sudah diselenggarakan sejak tahun 1989.


IELTS adalah inisiatif dari tiga organisasi, yaitu The British Council, IDP: IELTS Australia, dan Cambridge English Language Assessment. Eits... jangan salah, ternyata untuk standar Ielts ini telah diakui oleh lebih dari 5.000 organisasi di seluruh dunia. Selain untuk sertifikasi di dunia pendidikan, sertifikasi IELTS ini juga sudah diakui oleh organisasi-organisasi di dunia kerja dan untuk kepentingan migrasi.

Nah, mengingat pentingnya memiliki skor ielts, jadi apakah kalian ingin mendaftarkan diri untuk mengikuti tes tersebut? Oh iya, ada baiknya sebelum mendaftarkan diri untuk mengikuti tes ini, kalian perlu memperhatikan beberapa poin penting. Berikut ini beberapa poin penting sebelum mendaftarkan diri untuk mengikuti tes ielts, seperti yang sudah dilansir Hotcourses. Yuk simak dibawah ini;

A. Poin penting yang pertama sebelum kalian mengikuti tes ielts; IELTS memiliki dua modul. 

IELTS memiliki dua modulyaitu IELTS Academics dan IELTS General Training. Bagi Anda yang ingin kuliah ke luar negeri, modul yang perlu Anda ambil adalah modul IELTS Academics.

B. Tes IELTS Menguji Kelancaran Berbahasa Inggris. 

Jadi untuk mengikuti tes ini, sebelumnya Anda harus telah memiliki dasar Bahasa Inggris. Jika Anda belum memiliki tingkat berbahasa Inggris yang memadai, sebaiknya Anda mengikuti kelas persiapan IELTS terlebih dahulu untuk memastikan Anda bisa mendapatkan hasil tes yang memenuhi persyaratan masuk universitas.

C. Ada Baiknya Mengikuti "Simulasi Ielts" Terlebih Dahulu.

Salah satu cara untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris adalah dengan mengikuti tes simulasi IELTS, yang bisa Anda lakukan secara online, atau di tempat-tempat kursus bahasa. Banyak situs yang menyediakan tes simulasi IELTS secara gratis. Begitu hasil yang Anda peroleh di tes simulasi sudah memuaskan, Anda bisa mendaftarkan diri untuk tes IELTS.


D. Poin Penting Lainnya "Perbanyak Latihan" terlebih dahulu

Latihan soal IELTS sebanyak-banyaknya. Struktur tes IELTS selalu sama, tetapi dengan soal yang berbeda-beda. Dengan latihan yang terus menerus Anda akan lebih mengenal dan terbiasa dengan tes IELTS, sehingga bisa mengurangi ketegangan Anda saat mengikuti tes yang sebenarnya. Dengan sering latihan, Anda juga bisa mengenal kelemahan dan kelebihan Anda, sehingga Anda bisa berlatih lebih banyak lagi untuk meningkatkan kemampuan Anda.

E. Persiapan yang Matang

Untuk persiapan mengikuti tes IELTS tidak perlu selalu mengikuti kelas persiapan di tempat kursus. Anda bisa melakukan persiapan tes sendiri dengan banyak berlatih soal-soal IELTS. Akan tetapi, disiplin dan motivasi diri sangat diperlukan.

F. Cari Tahu dan Berkonsultasi

Berkonsultasi dengan teman-teman yang pernah mengikuti tes IELTS juga bisa membantu Anda untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik. Anda bisa menanyakan pengalaman mereka dalam persiapan dan saat mengikuti tes IELTS. Pengalaman langsung dari teman bisa menjadi masukan yang berharga.

Nah, itulah beberapa poin penting yang bisa kalian persiapkan dan pelajari jika ingin mengambil tes ielts ini. 

Catatan: Tes IELTS dianggap lebih baik daripada tes kemampuan bahasa Inggris lain karena peserta dibebaskan untuk melakukan pendekatan sesuai dengan gaya personalnya. Selain itu, tes IELTS dianggap lebih baik bagi mereka yang memasuki negara-negara dengan penduduk yang menggunakan bahasa Inggris beraksen British karena, pada awalnya, tes IELTS digunakan di negara negara persemakmuran Inggris. Akan tetapi, saat ini, tes IELTS tidak saja digunakan untuk orang yang akan memasuki negara British English. Sertifikasi IELTS kini sudah bisa digunakan untuk negara Amerika.